Senin, 28 November 2011

Mengenal Android part 1

Beberapa waktu terakhir kata Android semakin tak asing ditelinga kita. Banyak yang mengatakan bahwa kini adalah eranya Android. Begitulah nampaknya sekarang. Kata Android sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu "andr" yang artinya "laki-laki", dan "eides" yang berarti "dari spesies; menyerupai". Android ini merupakan sebuah system operasi berbasis Linux.
Awalnya Android adalah system operasi yang dibuat oleh Android Inc. yang dimana pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Hal ini menyebabkan orang beranggapan bahwa Google Inc. akan masuk dalam pasar ponsel dunia.  Hal ini ternyata benar dimulai dengan Google Inc. membeli Android Inc. pada tahun 2005 kemudian Google pun mulai mengembangkan program untuk perangkat seluler yang dipimpin oleh Rubin. Pengembangan ini didukung oleh system operasi Linux. Nantinya ini akan terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Google Map dan lainnya. 





Hingga akhirnya pada tahun 2007 untuk pertama kalinya SDK Android versi beta dirilis, perangkat mobile pertama yang menggunakan sistem Android 1.0 adalah HTC Dream. Pada tahun 2008 dikembangkanlah OHA ( Open Handset Alliance) dimana hal ini semakin mendukung perkembangan Android sendiri. Kemudian OHA pun merilis produk perdana mereka yaitu mobile yang dimodifikasi dari  kernel Linux 2.6. Kini semenjak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Ponsel pertama yang memakai sistem operasi Android HTC Dream  dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada akhir tahun 2009 diperkirakan di dunia ini sudah  terdapat sekitar 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android sebagai system operasinya.

1 komentar: