Senin, 14 November 2011

Membaca Cepat Teks

  • Kompetensi Dasar                 :
            Menemukan ide pokok berbagai teks non sastra dengan teknik
membaca cepat(250 kata/menit).
  • Tujuan Pembelajaran           :
  1. Mengukur kecepatan membaca diri sendiri dan orang lain
  2. Memahami isi bacaan
  3. Membaca dengan kecepatan 250 kata per menit


Penjelasan                              :
  1. A.    Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik
membaca cepat(250kata/menit).
Membaca cepat berfungsi untuk mengukur kecepatan dan kecermatan seseorang dalam memahami suatu teks bacaan dalam waktu yang singkat.Setelah kalian membaca suatu teks bacaan,kita mencari ide pokok
paragraph yang menjadi bagiannya,untuk mencari ide pokok kita harus membaca dengan cermat tapi cepat.
  1. 1.      Mengukur kecepatan membaca diri sendiri dan orang lain

Untuk mengukur kecepatan membaca cepat kita bisa menggunakan rumus kecepatan membaca yakni
Kecepatan membaca= Jumlah kecepatan membaca
Lama membaca (… menit)


Jika nilai kecepatan membacanya bernilai :
201-…..kata/menit bernilai baik sekali
151-200kata/menit bernilai baik
101-150kata/menit bernilai sedang
51  -100kata/menit bernilai kurang

Dengan menggunakan rumus kecepatan membaca kita bisa mengukur atau membandingkan kecepatan membaca diri sendiri maupun orang lain.


  1. 2.      Memahami bacaan
Untuk memahami bacaan dengan cara membaca cepat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1.Fokuskan kosentrasi pada wacana yang akan di baca
2.Hindari membaca dengan bersuara atau menggerakkan bibir.



3.Hindari membaca secara berulang-ulang.
4.Hindari membaca dengan menunjuk teks dengan jari.
5.Ulangi membaca setiap paragraph,pahami isinya dan ingat  kata
kunci yang dapat mewakili paragraph tersebut.


  1. Membaca dengan kecepatan 250 kata per menit
Untuk memperbaiki kemampuan membaca cepat, berikut ini beberapa yang harus diperhatikan.
  1. Mulailah berlatih membaca bacaan yang isi dan kata-katanya mudah cukup dikenal. Setelah lancer,carilah bacaan yang lebih sulit.
  2. Sebelum membaca, rumuskan beberapa pertanyaan pengarah untuk dicari jawabannya dalam bacaan. Setelah membaca,akan didapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  3. Mengurangi kegiatan anggota tubuh yang dapat mengganggu aktivitas membaca,seperti vokalisasi.
  4. Meningkatkan penguasaan kosakata dan pengetahuan,yang sendirinya kecepatan kecepatan membaca akan semakkin meningkat.
Meskipun dalam membaca cepat di utamakan kecepatannya,namun bukan berarti mengesampingkan unsur pemahaman. Sebab kecepatan yang tinggi akan berarti sama sekali apabila tidak disertai tingkat pemahaman.

Indikator Membaca Cepat
  1. 1.      Rumus

Kecepatan Membaca = Jumlah Kecepatan Membaca
Lama Membaca (…Menit)

Keterangan :
201  – … kata/menit               = baik sekali
151  -200kata/menit               = baik
101  -150kata/menit               = sedang
51    -100kata/menit               = kurang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar