Rabu, 09 November 2011

Hujan Asam

   Pengertian Hujan Asam
Istilah hujan asam pertama kali dikenalkan pada tahun 1852 oleh Robert  Angus Smith dari Inggris. Pengertian hujan asam adalah segala macam hujan dengan pH  di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondoksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memilikio bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hu7jan ini sangatbermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang. Hujan asam disebabkan oleh  belerang (sulfur) yang merupakan
pengotor dalam bahan baker fosil serta nitrogen di udara yang bereaksidengan oksigen membentuk sulfur oksida dan nitrogen oksida. Zat-zat iniberdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfatdan asam nitrat yang mudah larut serta jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkankadar keasman tanah dan air permukaan yang terbuktiberbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usah untuk mengatasi hal ini saat I I sedang gencar dilaksanakan.
Proses Terjadinya Hujan Asam
Sudah secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung
berapi dan prose biologis di tanah, rawa dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam sekarang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri pembangkit  tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahanpertanian terutama ammonia. Proses tejadinya hujan asam adalah dimulai dari gas-gas yang dihasilkan oleh proses yang disebutkan diatas terbawa angin hingga ratusan kilometer ke atmosfer sebelum berubah menjadi asamdan terdeposit ke tanah. SO2 dan NOx memegang peranan penting dalam hujan asam. Sampai di atmosfer sulfur oksida bereaksi dengan oksigen  setelah itu bereaksi dengan air dan membentuk H2SO4 dan akan jatuh ke bumi bersama air hujan. Untuk lebih jelasnya inilah reaksi kimianya:
            S(S)       + O2(g)                          SO2(g)
            2SO2(g) + O2(g)                         2SO3(g)
            SO3(g)   + H2O(l)                    H2SO4(aq)
Cahaya matahari pun akan meningkatkan kecepatan reaksi tersebut. Asam dan air hujan yang jatuh ke bumi disebut sebagai hujan asam. Jika hujan asam jatuh mengenai patung  atau bangunan akan dapat melarutkan kapur dan semen yang terdapat pada patung atau bangunan. Jika mengenai tumbuhan hujan asam dapat menghambat pertumbuhan dan merusak daun-daunnya. Jika jatuh di tanah dapat merusakakar tanaman dn melarutkan mineral-mineral penting, contohnya garam-garam aluminium. Garam-garam aluminium yang larut terbawa air hujan ke badan-badan air, seperti sungai, danau akan menyebabkan garam-garam terakumulasi hingga tingkat beracun dan akan membunuh ikan-ikan. Itulah prosesn dari hujan asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar